Telp: 0321-592783, Email: [email protected]

Terapkan Tridharma, Dosen Uluwiyah Mojokerto Laksanakan Pengabdian di lereng Semeru bersama STIT Ibnu Sina Malang

  • Posted on Jan 18, 2022

MOJOKERTO- Bencana erupsi semeru di Kabupaten Lumajang tidak hanya meninggalkan kepedihan bagi para korban, tapi juga menjadi duka bagi semua lapisan masyarakat. Maka untuk membantu meringankan beban sesama, Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto menyalurkan dana bantuan kepada keluarga korban Erupsi Semeru, Senin, (17/01/2022). Dana tersebut diserahkan kepada Relawan Gusdurian yang telah standby di lokasi bencana.

Rektor Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, Dr. Hj. Nining Khurrotul Aini, S.Pd.I.

Tim yang dipimpin langsung oleh Rektor Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, Dr. Hj. Nining Khurrotul Aini, S.Pd.I., M.S.I. berangkat dari kampus menuju Lumajang, ternyata di waktu yang sama, rombongan tim dari STIT Ibnu Sina Kabupaten Malang juga sedang dalam perjalanan menuju Lumajang dengan maksud dan tujuan yang sama. Maka dua tim dari dua perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama tersebut sepakat untuk bertemu di posko Gusdurian yang terletak di Jl. Raya Penanggal, Candipuro, Lumajang.

Rombongan IAI Uluwiyah di sambut Relawan Gusdurian

Di posko,rombongan disambut ramah oleh Karjo (Relawan Gusdurian, Red) dan kawan-kawannya. Karjo menyampaikan bahwa program relawan saat ini adalah mempersiapkan huntara (hunian sementara) untuk para pengungsi, di samping kegiatan trauma healing yang terus dilaksanakan selama ini.

Noer Rahmah, Ketua STIT Ibnu Sina menyerahkan 20 orang mahasiswa relawan kepada Gusdurian agar dilibatkan dalam pelaksanaan program relawan. Sementara Nining, Rektor Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto menyerahkan bantuan berupa uang tunai. Nining menuturkan bahwa bantuan uang tunai yang diserahkan tersebut berasal dari hasil penggalangan dana oleh Unit Tanggap Bencana (UTB) DEMA Uluwiyah Mojokerto.

Warek III bidang kemahasiswaan, Ika Irmawansah, M.Phil. yang ikut mendampingi rektor menambahkan bahwa saat erupsi semeru terjadi, UTB segera menggalang donasi dan bantuan, baik dari warga kampus maupun warga sekitar. “Bantuan yang berupa barang telah dikirimkan, sementara bantuan tunai diantarkan langsung ke lokasi bencana sekarang” tuturnya. Sementara itu, Dr. Fulka, Kepala LP2M berharap agar output kegiatan bisa diwujudkan dalam bentuk laporan PKM dan artikel, sehingga nanti bisa diterbitkan di jurnal pengabdian “Ta’awun” yang dikelola oleh LP2M IAI Uluwiyah Mojokerto.

Dr. Fulkaa kepala LP2M IAi Uluwiyah Mojokerto meneyeahkan bantuan di Semeru

Menjelang senja, rombongan dari Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto dan STIT Ibnu Sina pamit undur diri. Tapi sebelum berpisah, rombongan menyempatkan foto bersama relawan. (ful/har)