Telp: 0321-592783, Email: [email protected]

Serius Dorong Publikasi Ilmiah, Rektor Uluwiyah Mojokerto Siap Hadapi Akreditasi Jurnal

  • Posted on Jul 16, 2022

Mojokerto - Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto terus mendorong peningkatan kualitas jurnal menuju terakreditasi. "Jurnal di Uluwiyah siap hadapi akreditasi," terang Dr. Nining Khurrotul Aini, Rektor Uluwiyah Mojokerto. "Karena DOI kita sudah aktif," lanjutnya, Sabtu (16/07) Pagi.

Ada banyak agenda yang telah dilakukan Uluwiyah Mojokerto untuk mendorong Publikasi Ilmiah dan Peningkatan kualitas artikel serta pengelolaan jurnal. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan workshop upgrade kompetensi pengelola jurnal, Rabu (13/07) Pagi.

Hadir dalam pembukaan workshop, Wakil Rektor II, Fandi Bastian, S.S., M.Pd.I, Ketua LPPM, Dr. Ahmad Fulka Sa'dibih, dan Kepala Pusat Bahasa Hari Prastyo, S.S., M.Pd. Dalam sambutannya, Bastian menjelaskan bahwa Uluwiyah Mojokerto Siap menghadapi akreditasi Jurnal Ilmiah. "Target kita hari ini adalah aktivasi DOI untuk menuju akreditasi Jurnal Ilmiah," terangnya.

Acara ini dihadiri oleh 10 Pengelola Jurnal Ilmiah dari berbagai latar belakang keilmuan yang dimiliki Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto , yaitu Indonesian EFL Journal, Tamaddun, Pena Islam, al Kayyis, El Qits, al Maquro, Al Walad, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Ta'awun, dan Journal of English Teaching Strategies.

Dari 10 Jurnal tersebut, 7 Jurnal telah berhasik melakukan aktivasi DOI. Lebih jauh lagi, 5 dari 7 jurnal yang telah melakukan aktivasi DOI, siap mendaftarkan diri untuk akreditasi. Kelima jurnal tersebut, adalah Pena Islam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Al-Maquro': Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Al KAYYIS, Jurnal Hukum Keluarga Islam El - Qisth, dan Jurnal Tamaddun.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, Dr. Ahmad Fulka berharap workshop kali ini dapat mengupgrade kemampuan pengelola jurnal dalam mempersiapkan jurnal-jurnal yang ada menuju akreditasi SINTA. "Pemateri sekaligus pendamping akan mengkaji hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memastikan setiap jurnal yang ada siap menuju akreditasi," Fulka menjelaskan.

Workshop jurnal secara daring dipandu oleh Mochamad Chairudin, M.Pd.I., Dosen IAI Qomaruddin Gresik. Beliau menyampaikan materi tentang Setting DOI dan Kiat-kiat untuk Terakreditasi. Pendampingan secara luring dipandu Hari Prastyo, SS., M.Pd. selaku Ketua Pusat Bahasa dan juga pengelola Indonesian EFL Journal: Journal of ELT, Linguistics, and Literature yang telah berhasil menembus akreditasi Sinta 3.

Saat ini, sebanyak 13 jurnal ilmiah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto telah ber-ISSN. Satu jurnal telah terakreditasi Nasional/SINTA. Sementara itu, lima jurnal mengajukan akreditasi tahun ini, dan sisanya ditargetkan terakreditasi tahun 2023.

Kontributor: Ahmad Muhammad Fulka Sa'dibih

Editor: Hari Prastyo