Telp: 0321-592783, Email: [email protected]

Pelantikan Pengurus DEMA dan HMP IAI Uluwiyah Masa Bakti 2022-2023 & Outbound Mahasiswa Angkatan 2020

  • Posted on Aug 06, 2022

Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto menggelar pelantikan pengurus DEMA dan HMP masa bakti 2022-2023 serta outbound mahasiswa-mahasiswi IAI Uluwiyah angkatan 2020 pada senin (1/08/2022).

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut berlangsung di Villa Cahaya Pacet dan diikuti oleh 112 mahasiswa-mahasiswi dari enam program studi, yakni : Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ekonomi Syari’ah (ES), Hukum Keluarga Islam (HKI), dan Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI).

Rangkaian kegiatan yang pertama dimulai pukul 14.00 WIB dengan pembukaan dilanjutkan prosesi pelantikan pengurus DEMA dan HMP seluruh program studi IAI Uluwiyah dan dihadiri oleh Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan, Ika Irmawansyah, sekaligus sebagai pelantik. Dalam sambutannya ia berharap kepada pengurus DEMA dan HMP untuk lebih sering lagi mengikuti sekaligus mengarahkan mahasiswa-mahasiswa IAI Uluwiyah ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada di kampus lain. Hal ini ditujukan agar mahasiswa-mahasiswi Uluwiyah mempunyai pengalaman lebih di kampus lain dan tidak hanya aktif di zona nyaman saja.

Seusai pelantikan, acara kemudian dilanjutkan dengan seminar yang bertempat di ruang pertemuan Villa Cahaya Pacet. Dalam kesempatan kali ini panitia mengundang Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Aris Fahrudin Asy’at, S. Pd. I. sebagai pemateri.

outbond bawas.jpg

Malam hari setelah seminar usai, para peserta meninggalkan ruangan dan menuju ke tempat api unggun untuk bersama-bersama menyalakan api unggun sekaligus mempererat keakraban antar mahasiswa. Para peserta terlihat sangat antusias dan gembira, mereka menyanyi dan menari bersama mengitari api unggun yang telah disiapkan oleh panitia. Hingga satu-persatu peserta meninggalkan tempat menuju ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan senam pagi dan outbound. Outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka maupun tertutup dengan bentuk-bentuk permainan sederhana yang menggabungkan antara intelegensia, fisik, dan mental. Panitia sendiri telah menyiapkan enam macam permainan yang harus diikuti oleh seluruh peserta outbound.

Outbound mahasiswa mahasiswi IAI Uluwiyah angkatan 2020 ini sejatinya dilaksanakan pada September 2020 lalu, namun karena adanya pandemi covid-19 kegiatan tersebut harus ditunda dan baru bisa terlaksana tahun 2022 ini.

“Kegiatan outbound ini adalah kewajiban sekaligus hak yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang masuk IAI Uluwiyah, untuk itu kami sebagai pengurus DEMA mencoba merealisasikan kegiatan yang sempat tertunda selama 2 tahun tersebut. Mungkin ada sedikit hambatan mengenai outbound kali ini sebab yang menjadi peserta adalah teman-teman kuliah satu angkatan, ada sedikit perasaan “nggak enak” dalam mengarahkan mereka sebab kita sebelumnya sudah saling kenal, saling akrab. Karena kita sudah melalui masa dua tahun perkuliahan. Berbeda apabila pesertanya adalah mahasiswa baru”. Kata Ahmad Fawwaz Muhtadi, selaku Presiden Dewan Mahasiswa dilantik dan Ketua Pelaksana.

Senada dengan hal tersebut, salah satu panitian outbound, Miftahul Maironi juga mengatakan adanya sedikit perasaan tidak enak apabila terlalu tegas mengarahkan peserta dalam kegiatan tersebut sebab para peserta adalah rekan kuliah satu angkatan. Namun ia juga menyampaikan bahwa panitia akan bekerja keras agar kegiatan berjalan dengan lancar apapun hambatannya.

outbond bawas 2.jpg

Mita Mai Yutanti, salah satu peserta dari prodi PGMI mengatakan. : “Alhamdulillah, saya merasa senang, outbound ini terasa sangat seru. Karena kita bisa merefresh dan merelaksasikan diri dari segala aktivitas sehari-hari termasuk perkuliahan dan organisasi. Dan akhirnya kita selama dua hari ini bisa healing bisa liburan. Trus pastinya mendapat pengalaman dan pengetahuan yang baru apalagi tentang materi yang diberikan Bawaslu tentang pemilu saat seminar kemarin. Intinya kita merasa senang. Dan dengan diadakannya pelantikan serta outbound ini bisa dikatakan kita sudah resmi menjadi mahasiswa IAI Uluwiyah.

Ia menambahkan bahwa semoga dengan diadakannya acara outbound ini bisa menambah keakraban baik di dalam maupun di luar kampus para mahasiswa IAI Uluwiyah khususnya angkatan 2020 meskipun berbeda prodi.

“kalau sudah akrab dan saling kenal satu sama lain kan enak ya. Misalnya prodi saya atau HMP saya punya kegiatan, teman-teman dari prodi atau HMP lain bisa tau. Begitupun sebaliknya, jadi nanti kita bisa saling kolaborasi, saling tukar info, saling sharing-sharing”. Terangnya.

Ika Irmawansyah, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menanggapi, “Alhamdulillah agenda yang seharusnya dilaksanakan tahun 2020 kemarin terlaksana hari ini dengan baik. Tertunda kemarin karena ada pandemi sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan. Outbond kali ini sedikit berbeda, karena dikemas pelatihan soft skill pengembangan pengawasan partisipatif pemilu bersama Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Ada juga rangkaian acara pelantikan untuk DEMA dan HMP IAI Uluwiyah periode 2022-2023.”

Seluruh rangkaian kegiatan pelantikan dan outbound ini ditutup pada Selasa (2/08/2022) pukul 13.00 WIB. Para panitia dan peserta meninggalkan villa dan pulang menuju rumah masing-masing. KPI