Telp: 0321-592783, Email: [email protected]

Gelar Upacara Hari Santri, Hj. Aniswatul Aini: Indonesia Tidak Akan Merdeka Jika Tidak Ada Santri

  • Posted on Oct 21, 2021

MOJOKERTO, — Yayasan Pendidikan Uluwiyah melaksanakan upacara memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Jumat (22/10/2021) di Aula Pesantren Uluwiyah.

Upacara ini diikuti oleh lembaga - lembaga pendidikan di bawah naungan YPU Uluwiyah (Mahasiswa IAI Uluwiyah, SMK Angkasa, MA/MTs Al Fatah), serta beberapa organisasi kemahasiswaan, yaitu PMII Komisariat Uluwiyah dan PKPT Uluwiyah. Nampak hadir dalam upacara, segenap Pengurus DPAC PKB Kec. Mojosari Mojokerto.

Upacara dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Hj Aniswatul Aini S.Ag., MM., selaku wakil dari Yayasan Pendidikan Uluwiyah.

Dalam sambutannya Hj Aniswatul Aini S.Ag., MM menyampaikan jati diri dan momen perjuangan santri harus dan perlu dihormati, dilestarikan, dan diperingati oleh seluruh lapisan masyarakan NKRI, guna mengukuhkan semangat juang kesatuan bangsa, kemandirian, serta budaya luhur yang terdahulu untuk generasi muda dalam menggapai cita-cita bangsa.

"Sejarah perjalanan santri di Indonesia sangat panjang, bahkan bisa diikuti sejak era wali songo sampai masa sekarang," terang Bu Nyai panggilan akrab Hj Aniswatul Aini. “Indonesia tidak akan merdeka jika tidak ada santri. Santri adalah aset luar biasa yang dimiliki Indonesia. Dari para santri inilah, bangsa Indonesia memiliki karakter yang kuat sekaligus mampu mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan", lanjut Hj Aniswatul Aini.

Sebagaimana Tema Hari Santri Nasional 2021 "Santri Siaga Jiwa Raga", santri kedepan siap siaga menyerahkan jiwa raga membela dan mempertahankan tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia. Dalam hal ini santri yang akan menjaga agama dan tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia, pungkasnya.

Usai Upacara, acara dilanjutkan dengan Istighosah dan pembacaan sholawat Nabi yang diikuti oleh Mahasiswa IAI Uluwiyah, Siswa SMK Angkasa dan MTs/MA Al Fatah, serta pengurus PMII Komisariat Uluwiyah, PKPT Uluwiyah, Pengurus DPAC PKB Kec. Mojosari. (MM)